Saturday, March 9, 2013

Ekosistem Dalam Ekologi


·           Ekosistem Dalam Ekologi
Suatu ekosistem terdiri dari semua organisme yang hidup dalam suatu komunitas dan semua factor-faktor abiotik yang berinteraksi dengan organisme tersebut.
 Odum(1994) mendefinisikan ekologi sebagai pengkajian hubungan antar organisme-organisme atau kelompok- kelompok organisme terhadap lingkungannya, atau ilmu hubungan timbal balik antara organisme –organisme hidup dengan lingkungannya.
Ekosistem menunjukkkan suatu keadaan dari system ekologi pada waktu dan tempat tertentu termasuk kerapatan atau kepadatan, biomas, penyebaran potensi unsure hara, energy, faktor-faktor fisik dan kimia yang mencirikan keadaan system tersebut. Dan merupakan tingkat tertinggi dari pengorganisasian biologi, maka semua konsep ekologi dapat ditata dalam kerangka ekosistem.

·           Ekosistem Dalam Biodiversitas
biodiversitas memiliki fungsi secara biofisik dan secara ekologi memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan memberikan dukungan terhadap kehidupan dan kesejahteraan manusia, apabila terjadi erosi biodiversitas  maka akan menyebabkan hilangnya keanekaragaman sehingga dapat merusak keseimbangan alam dan mengggangu keutuhan ekonomi. Contoh : dengan berkurangnya harimau, meledakklah hama babi, dengan dibunuhnya ular maka meledaklah hama tikus. Hal tersebut dapat mengancam kelangsungan hidup manusia sendiri karena dasar kehidupan manusia bertumpu pada ekosistem yang beranekaragam.