Pilihlah satu jawaban dengan memberikan tanda (X) pada jawaban yang paling tepat !
1. Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang penggolongan
makhluk hidup, yaitu ....
a. taksonomi d. histologi
b. teratologi e. anatomi
c. filogeni
2. Pengertian ilmu biologi adalah ....
a. ilmu yang mempelajari semua makhluk di masa silam dan kini
b. ilmu yang mempelajari semua makhluk hidup yang ada
sekarang ini
c. ilmu yang mempelajari hubungan antara produsen dan konsumen
d. ilmu yang mempelajari adanya jaring-jaring hidup
e. ilmu yang mempelajari tentang keseimbangan alam
3. Cara untuk membuat hipotesis yang baik adalah ....
a. perlu memahami metode-metode ilmiah
b. perlu mengumpulkan fakta melalui pengamatan
c. perlu mengumpulkan data dengan cermat
d. perlu memahami masalah dan mempunyai penalaran yang baik
e. perlu melakukan percobaan atau eksperimen
4. Kegiatan observasi meliputi hal-hal berikut, kecuali ....
a. memikirkan d. melihat
b. membau e. meraba
c. mengecap
5. Hal pokok yang membedakan biologi dengan ilmu-ilmu lainnya adalah ....
a. objek dasarnya d. metode yang digunakan
b. objek formalnya e. pengetahuan yang mendasari
c. objek materialnya
6. Ruang lingkup biologi yang dalam pengkajiannya memerlukan alat bantu
berupa mikroskop, misalnya ....
a. atom dan molekul d. sel saja
b. organel, sel, dan jaringan e. organ
c. bioma dan biosfer
7. Seorang dokter mencatat pada seorang pasien terdapat gejala: suhu tubuh
cenderung tinggi selama 3 hari terakhir, ada keluhan mual dan sakit di ulu hati,
keluar darah dari hidung (mimisan), keluar bintik-bintik merah pada permukaan
kulit. Hasil pemeriksaan laboratorium trombosit sangat rendah. Berdasarkan
gejala tersebut ditegaskan diagnosis pasien terserang penyakit DBD (deman
berdarah dengue), yang penyebarannya melalui perantara nyamuk. Perilaku
nyamuk penyebab DBD merupakan persoalan biologi pada tingkat ....
a. individu d. ekosistem
b. populasi e. biosfer
c. komunitas
8. Berbagai upaya untuk peningkatan produksi pangan diantaranya dilakukan
dengan penyilangan berbagai varietas padi untuk mendapatkan bibit padi
unggul. Penyilangan-penyilangan ini merupakan penerapan cabang ....
a. anatomi d. genetika
b. morfologi e. ekologi
c. fisiologi
9. Kejadian berikut ini yang bukan merupakan objek kajian biologi adalah ....
a. pembuatan tempe
b. pengamatan hewan kecil yang bergerak aktif di mikroskop
c. bangkai tikus berbau busuk setelah beberapa hari
d. kandungan mineral akan batuan
e. bintil akar pada tanaman polong-polongan
10. Berikut ini sikap ilmiah yang harus dimiliki ilmuwan, kecuali ....
a. melakukan penelitian untuk kepentingannya d. disiplin
b. jujur e. tekun
c. bertanggung jawab
11.Bagian sel yang berperan sebagai pusat pengaturan segala proses
yang terjadi di dalam sel adalah . . . .
a. badan golgi d. nukleus
b. mitokondria e. retikulum endoplasma
c. ribosom
12.Teori-teori yang diajukan dalam ilmu pengetahuan diberlakukan ....
a. selama teori itu berlangsung
b. sepanjang masa
c. selama penemunya disegani
d. selama belum ada bukti baru yang menolak
e. berlaku di suatu tempat tertentu
13.Jaringan pada hewan, yang berfungsi mengoordinasikan dan
meneruskan rangsang adalah . . . .
a. jaringan epitel
b. jaringan ikat
c. jaringan saraf
d. jaringan darah
e. jaringan tulang
14.Salah satu manfaat biologi yang paling mendasar bagi manusia adalah ....
a. jumlah penemuan biologi yang semakin banyak
b. mampu mengurangi dan meredakan permasalahan lingkungan
c. lahirnya ahli-ahli biologi yang berkecimpung di berbagai kehidupan
d. makin bertambahnya manusia yang mencintai ilmu biologi
e. lahirnya sikap manusia yang peduli pada kehidupan diri dan makhluk
lainnya
15. Mekanisme gerakan otot yang dipelajari dalam fisiologi gerak merupakan
cabang ilmu biologi yang juga melibatkan ilmu lain, antara lain ....
a. matematika, dan fisika d. ekologi kimia dan statistik
b. kimia dan matematika e. fisika dan geofisika
c. kimia dan fisika
16.Kunci untuk belajar biologi adalah mempelajari…
a. bahan-bahan kimia d. fosil mahluk hidup
b. batu-batuan e. materi dan energi
c. kehidupan di sekitar kita
17.Dalam biologi, berbagai keterangan mengenai sel akan mendukung
pengetahuan tentang jaringan. Hal ini menunjukan bahwa ilmu biologi bersifat
….
a. universal d. analisis
b. sistematis e. objektif
c. verifikatif
18.Semua cara perkembangbiakan generative pasti didahului oleh adanya
pertemuan antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Kaidah reproduksi
ini menunjukan bahwa ilmu biologi bersifat…
a. universal d. analisis
b. sistematis e. objektif
c. verifikatif
19.Sebuah ilmu harus dinyataka secara jujur atau apa adanya sehingga sebuah
ilmu harus bersifat….
a. universal d. analisis
b. sistematis e. verifikatif
c. objektif
20.Objek kajian biologi dari yang paling sempit sampai ke paling luas adalah…
a. individu-populasi-ekosistem-biom
b. individu-ekosistem-populasi-biom
c. individu-populasi-biom-ekosistem
d. individu-ekosistem-biom-populsi
e. populasi-individu-ekosistem-biom
21.Diantara cabang ilmu berikut yang memiliki bidang kajian paling luas adalah...
a. mikrobiologi d. virologi
b. bakteriologi e. zoologi
c. mikologi
22.Ilmu yang mempelajari segala aspek kehidupan mikroorganisme disebut..
a. mikrobiologi d. virologi
b. bakteriologi e. bioteknologi
c. mikrologi
23.Dalam hidupnya, manusia bergantung pada alam. Hubungan timbal balik
antara mahluk hidup dan lingkungannya dipelajari dalam ilmu…
a. ekosistem d. morfologi
b. taksonomi e. ekologi
c. genetika
24.Mahluk hidup berubah selama hidupnya melalui…
a. adaptasi dan organisasi d. menanggapi rangsang
b. reproduksi dan pertumbuhan e. adaptasi dan reproduksi
c. pertumbuhan dan perkembangan
25.Yang dimaksud dengan percobaan adalah..
a. suatu cara untuk membuktikan fakta
b. suatu observasi rentang alam
c. suatu uji untuk hipotesis
d. suatu masalah yang harus dipecahkan
e. suatu jawaban dari sebuah masalah
26.Informasi yang diperoleh dari suatu percobaan dinamakan…
a. hipotesis d. data
b. penelitian e. fakta
c. simpulan
27. Berikut ini adalah langkah-langkah metode ilmiah :
1) mengumpulkan data
2) merumuskan hipotesis
3) menarik kesimpulan
4) merumuskan masalah
5) melakukan percobaan
6) menyusun teori
Urutan yang benar adalah…
a. 1-2-3-4-5-6 d. 4-1-2-5-3-6
b. 2-1-4-5-3-6 e. 4-1-5-2-3-6
c. 2-1-5-4-3-6
28.Seorang siswa ingin meneliti pengaruh cahaya lampu terhadap banyaknya
oksigen yang diproduksi oleh Hydrilla. Yang termasuk variable bebas adalah…
a. tabung reaksi d. tanaman Hydrilla
b. intensitas cahaya lampu e. siswa
c. volume oksigen
29.Untuk membuat hipotesis yang baik, kita perlu….
a. memahami masalah dan memiliki penalaran yang baik
b. mengumpulkan data dengan cermat
c. mengumpulkan data melalui pengamatan
d. melakukan percobaan
e. memahami metode-metode ilmiah
30.Pada percobaan untuk mengetahui pengaruh kelembapan terhadap frekuensi
berbunga tanaman anggrek , yang menjadi variable bebasnya adalah…
a. persentase kelembapan
b. jumlah air dan pupuk
c. lamanya waktu dibutuhkan untuk berbunga
d. jumlah bunga pada setiap tanaman
e. jumlah daun pada setiap tanaman